Investasi Islam Sesuai Al Qur-an Dan Hadits

Investasi Islam yang sesuai dengan Al Qur’an dan Hadits terdapat tujuh jenis dan akan sangat sesuai untuk dijalankan oleh pemula. Ini karena modal yang dibutuhkan relatif cukup kecil selain itu jangka waktunya pendek dan bisa dibilang bahwa ini merupakan investasi menjanjikan untuk masa depan.

Jenis yang pertama adalah usaha atau bisnis, hal ini karena memang berdagang termasuk dalam investasi tidak pernah mati. Nabi Muhammad Saw juga merupakan pedagang yang sukses dan jujur sehingga dikenal di seluruh jazirah Arab.

Seni berdagang itu sampai sekarang dipercaya sebagai awal dari suksesnya seorang pengusaha maupun bisnisman. Yang membuat investasi ini banyak digemari adalah karena modal yang dibutuhkan sangat relatif dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

Investasi islam yang kedua adalah sewa lahan atau properti syariah, bisa dalam bentuk perkebunan, sawah, dan juga ladang. Untuk sistem penyewaannya bisa dilakukan dengan bagi hasil seperti yang diterapkan oleh Nabi Muhammad Saw dengan umat Yahudi.

Selanjutnya adalah investasi dalam bidang ternak hewan, ada banyak sekali hewan yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk peternakan. Misal saja sapi, kambing, atau bahkan ayam, keuntungan yang bisa dihasilkan juga tidak sedikit karena bidang ini terbebas dari pengaruh inflasi.

Investasi berikutnya yang tidak boleh terlewatkan adalah produk emas, menurut hukum islam investasi jenis ini diperbolehkan. Ini karena emas bisa dijadikan sebagai sebuah patokan, namun memang investasi jenis ini tidak bisa berjalan dalam jangka waktu singkat melainkan merupakan investasi jangka panjang. Untuk memastikan keamanannya maka belilah di tempat yang telah terpercaya seperti pegadaian.

Investasi islam terakhir adalah deposito syariah, sistemnya sangatlah mudah yaitu nasabah tinggal menyetor uang ke lembaga keuangan kemudian disimpan dalam jangka waktu tertentu. Untuk keuntungan yang didapatkan bukanlah bunga namun bagi hasil jadi nilainya akan bergantung kepada lembaga yang mengelola.

Bagaimana sudah menemukan jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan? Tertarik untuk mencoba salah satu investasi yang disebutkan tadi?. Semoga dengan kalian membaca artikel ini bisa menambah wawasan bagi yang ingin memulai berinvestasi sekarang.