5 Kendala yang Sering Dialami oleh Para Freelancer

Bekerja sebagai pekerja lepas ada suka dan duka. Sukanya, seorang freelancer memiliki waktu luang untuk melakukan pekerjaannya.

Namun dibalik itu, seorang freelancer juga memiliki masalah sendiri yang tidak dimiliki oleh pekerja kantoran. Sekarang di sini ada beberapa masalah atau kendala yang sering dialami oleh freelancer yang bekerja di rumah.

Dikira Tidak Bekerja

Masalah pertama yang sering dialami oleh freelancer yang bekerja di rumah dianggap tidak bekerja. Mitos orang tua yang mengklaim bahwa bekerja di luar rumah benar-benar membuat pekerja lepas menanggung beban.

Karena mereka adalah freelancer yang bekerja di rumah, maka mereka dianggap orang-orang di sekitarnya, terutama orang tua yang suka tidak bekerja.

Fakta ini tentu agak menyedihkan ketika Anda melihat freelancer yang dapat bekerja 24 jam dan mendapatkan penghasilan besar dari pekerja kantoran.

Untuk mengatasi masalah ini, pekerja lepas harus secara tegas menyatakan bahwa Anda benar-benar bekerja dengan menjelaskan bagaimana pekerjaan Anda dilakukan. Lakukan ini berkali-kali agar mereka benar-benar mengerti.

Berisik

Saat bekerja di rumah, seorang freelancer mungkin merasa berisik. Ini karena selain kehadiran anak-anak kecil di rumah, tidak adanya ruangan khusus membuat suasana kerja lebih bising.

Tentu saja Anda kesulitan bekerja di tempat yang bising, ini akan menjadi masalah dan sangat mengganggu. Agar Anda bebas dari masalah kedua ini, Anda harus menyiapkan ruang kerja kedap suara khusus. Solusi lain Anda dapat menggunakan headphone untuk menghindari kebisingan.

Gangguan Fokus Kerja

Bekerja dari rumah akan membuat freelancer mendapatkan banyak gangguan. Hal Ini dikarenakan Anda merasa bebas dan tidak terikat oleh peraturan seperti di kantor. Meskipun mereka merasa bebas dan tidak terikat oleh peraturan, justru inilah yang sering membuat para freelancer tidak optimal ketika bekerja.

Ini karena ketika bekerja di rumah akan ada banyak hal yang dapat mengganggu para freelancer saat bekerja. Karena alasan ini, Anda yang bercita-cita untuk menjadi pekerja lepas harus memiliki niat tulus untuk fokus pada pekerjaan. Singkirkan hal-hal seperti ponsel cerdas yang dapat membuat gangguan freelancer saat bekerja.

Rasa Malas Menghantui

Untuk menjadi freelancer yang sukses, Anda benar-benar harus mampu mengalahkan diri sendiri. Mengapa harus mengalahkan dirimu sendiri? Alasannya, saat menjadi freelancer akan ada masalah besar yaitu merasa malas. Kemalasan yang muncul pada pekerja lepas itu sendiri cukup besar.

Hal ini disebabkan tidak adanya aturan yang mengikat seperti ketika bekerja di kantor. Ketika Anda menjadi pekerja lepas, Anda memiliki kebebasan pada saat itu.

Anda bisa bekerja di pagi, siang, siang, malam, sepanjang hari atau bahkan tidak bekerja sama sekali. Itu semua dan sepenuhnya dalam keputusan Anda.

Jadi untuk itu Anda yang ingin menjadi freelancer yang sukses, suka atau tidak harus melawan perasaan malas yang selalu menghantui. Jangan mengikuti kemalasan yang muncul, tetapi lawan Anda sekuat mungkin merasa malas untuk segera menyelesaikan pekerjaan.

Gengsi

Akhirnya, masalah dan masalah yang sering dialami oleh freelancer adalah prestise. Citra publik dan orang tua tentang kesuksesan masih tercetak pada pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai kantor yang mengikat.

Ketika ada pekerja yang dapat bekerja sebagai pegawai negeri atau bekerja di perusahaan besar, prestise di masyarakat akan tinggi. Tetapi jika seseorang bekerja di rumah sebagai pekerja lepas, prestise yang didapatnya sangat rendah. Tentu saja Anda yang freelancer akan sedikit banyak terganggu oleh masalah ini.

Untuk mengatasi masalah ini, maka Anda sebagai pekerja lepas harus dapat menunjukkan dan membuktikan hasil kerja Anda yang sukses. Bukan sebagai tanda arogan, tetapi menunjukkan hasil yang sukses akan menjadi solusi bagi freelancer yang selalu direndahkan.

Itulah beberapa masalah atau kendala yang sering dialami oleh freelancer. Anda yang juga seorang freelancer tentu menginginkan agar pekerjaan ini dapat membuat diri Anda dan orang lain bangga dengan meraih kesuksesan. Jadi untuk mencapai kesuksesan itu, Anda harus melakukan pekerjaan freelancer ini dengan serius dan bekerja keras.