Cara Ukur Kepuasan Pelanggan Dalam Dunia Bisnis

Cara Ukur Kepuasan Pelanggan Dalam Dunia Bisnis

Dalam menjalankan bisnis, seorang wirausahawan tidak bisa berdiri sendiri. Daripada berkeliling sendiri, seorang wirausahawan harus memperhatikan dengan cermat apa yang diinginkan atau diharapkan konsumen atau pelanggan. Karena bisnis Anda bergantung pada penjualan atau pembelian konsumen dan pelanggan, Anda tidak bisa egois dan hanya egois.

Itulah mengapa Anda yang ingin mengembangkan bisnis Anda harus mencari tahu apa yang diinginkan atau diharapkan pelanggan Anda. Tapi apa yang diinginkan pelanggan dari sebuah bisnis? Berikut ulasannya.

Pelanggan Membutuhkan Layanan “BAIK” Lebih dari “CEPAT”

Pertama, apa yang diharapkan pelanggan dari suatu bisnis adalah pelayanan yang baik. Banyak orang yang salah mengira bahwa pelayanan yang cepat itulah yang membuat konsumen senang. Memang pelayanan yang cepat bisa membuat pelanggan puas.

Namun ternyata lebih dari itu pelanggan lebih memilih pelayanan yang baik. Jadi sebelum menghadirkan layanan cepat, pastikan Anda memastikan layanan yang baik terlebih dahulu. Ini karena layanan yang baik adalah dasar dari konsep layanan yang memuaskan.

Pelayanan yang baik itu sendiri adalah pelayanan yang ikhlas dan dari hati. Dengan pelayanan yang baik, bisnis Anda akan mendapatkan poin plus tersendiri. Dan bukan tidak mungkin bisnis Anda akan direkomendasikan kepada orang lain.

Pelanggan Lebih Memilih Layanan “Pribadi”

Tahukah Anda bahwa ada layanan seperti Mandiri Prioritas, XL Prioritas, dan lainnya? Layanan prioritas sendiri merupakan layanan bisnis yang dikhususkan untuk pelanggan. Nah dengan adanya layanan khusus atau personal ini pelanggan akan semakin puas.

Pasalnya, layanan pribadi atau khusus tersebut memang akan berbeda dengan layanan publik. Jika pelayanan publik untuk pebisnis harus membagi prioritasnya dengan beberapa orang, maka layanan pribadi akan membawa eksklusivitas.

Dari layanan eksklusivitas ini, pelanggan dapat sepenuhnya puas. Jadi jika Anda ingin membuat bisnis Anda lebih berkembang dan berkembang, maka pastikan Anda membuat layanan yang bersifat personal atau spesial.

Atau opsi lain jika Anda tidak memiliki sumber daya untuk melayani semua pelanggan dengan layanan khusus, maka Anda dapat memberi pelanggan opsi untuk memilih layanan publik atau layanan pribadi dengan harga lebih tinggi.

Selalu Ingat Nama Pelanggan Anda Agar Mereka Mengingat

Sebagai pelanggan bisnis, wajar jika Anda mengetahui nama mereka. Ini bahkan bukan nama, sebagai pebisnis profesional Anda harus mengetahui karakteristik mereka secara mendalam. Seorang pebisnis yang mengerti dan selalu mengingat nama-nama konsumen dan pelanggan ketika menelpon atau menelpon berarti akan memiliki kesempatan untuk menyentuh hatinya dengan baik.

Ketika para pebisnis mampu merebut hati konsumen dan pelanggan, itu berarti mereka memiliki peluang untuk membuat bisnisnya tumbuh dan berkembang lebih jauh. Hal ini dikarenakan pebisnis yang mampu mengingat nama konsumennya merupakan harapan dari setiap kepuasan konsumen.

Pelanggan Suka Kejutan

Siapa yang tidak suka dikejutkan. Semua orang, termasuk konsumen atau pelanggan memang akan menyukai kejutan. Sekarang karena pelanggan ini menyukai kejutan, lalu mengapa Anda sebagai pengusaha tidak memberikannya, bukan? Kejutan untuk pelanggan saja tidak harus mewah.

Tetapi dengan memberikan kejutan ulang tahun akan membuat konsumen atau pelanggan senang. Apalagi jika mampu memberikan kejutan berupa bingkisan berupa bonus, voucher atau lainnya, maka konsumen atau pelanggan akan lebih senang.