calistung anak tk

Inilah Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Calistung Untuk Anak

Jakarta, Mempunyai buah hati yang telah dapat membaca, menulis, dan menghitung (calistung) dikala umur dini atau dikala masih TK (taman kanak-kanak) mungkin menjadi kebahagian tersendiri bagi orang tua. Nah, mengajari calistung buah hati semenjak dini apakah bagus untuk tumbuh kembang buah hati?

Calistung itu lebih bagus dididik terhadap buah hati dikala masuk SD atau umur 7 tahun. Hal ini sebab kecakapan calistung itu adalah perpaduan dari sebagian aspek kecakapan, kognitif, motorik, dan fokus,” terang Maria Limyati MPsi, dosen Universitas Sanata Daharma, Sleman, Tempat Istimewa Yogyakarta dikala dihubungi.

Berdasarkan Maria, sekiranya orang tua hendak mengajari calistung lebih bagus untuk mengawalinya dengan basic concept yang mendorongnya.

“Boleh saja kalau buah hati berharap dididik science maupun calistung melainkan seharusnya dengan pendekatan melewati permainan. Tapi tujuannyan cuma untuk pengenalan, tanpa ada percobaan semester. Namanya juga prasekolah yang mempersembahkan suasana sekolah terhadap buah hati jadi seharusnya fun,” sambung perempuan lulus Universitas Indonesia ini.

Kecuali Maria, Dr dr Ahmad Suryawan SpA(K) dari RSUD Soetomo Surabaya juga beranggapan aktivitas membaca, menulis, dan menghitung pada buah hati umur 6 tahun ke bawah seharusnya diberi secara selektif dan tak diberi terhadap seluruh buah hati. Sehingga, sistem hal yang demikian sepatutnya tak menjadi alat evaluasi kemajuan buah hati yang berumur di bawah 6 tahun. Untuk Anda yang tidak sempat mengajari anak, bisa melimpahkan tugas tersebut ke les privat calistung jakarta.

“Secara lazim, aktivitas membaca, menulis dan menghitung dijalankan pada buah hati umur 6 tahun ke atas. Untuk 6 tahun ke bawah dididik untuk membina perilaku dan lingkungan mereka seperti di Jepang,” lanjut dokter yang akrab disapa dr Wawan ini sebagian waktu lalu.

Di Jepang, buah hati-buah hati prasekolah dan taman kanak-kanak (TK) memang tak dididik untuk menulis, membaca maupun menghitung. Tapi, mereka lebih dididik untuk membina kekerabatan dengan orang lain serta lingkungan sekitarnya.

“Telah terang, sistem itu menjadi brand development yang yang benar sebab masa itu masa di mana ia bukan melakukan sesuatu kompleks yang dijalankan umur 6 tahun ke atas. Untuk struktur otaknya juga belum hingga ke situ,” tutup dr Wawan


Leave a Reply

four + twenty =